Home » » Inilah penemuan situs bersejarah yang tidak disengaja

Inilah penemuan situs bersejarah yang tidak disengaja

Posted by Mozaik Sejarah on Selasa, 10 November 2015

Beberapa situs sejarah yang telah diteliti manusia pada awalnya tidak ditemukan berdasarkan riset yang dilakukan sebelumnya. Kebanyakan dari situs dan penemuan tersebut malah ditemukan secara tidak sengaja oleh orang-orang yang bukan peneliti atau ahli arkeolog. Penemuan tidak disengaja tersebut justru membuka tabir sejarah yang terpendam selama ribuan tahun lamanya


Goa Lascaux

Di bulan Septemper 1940, tatkala empat orang remaja asal Perancis sedang menjelajahi hutan dekat Montignac, mereka menemukan sebuah gua bawah tanah yang amat luas dengan dinding goa berhias 2.000 lukisan dan pahatan purba.
Para ahli sejarah menerka lukisan dan pahatan di goa tersebut berumur sekitar 17.000 tahun. Gua Lascaux merupakan salah satu tujuan wisata, tetapi sejak tahun 1963 gua tersebut ditutup. Saat ini, pengunjung hanya bisa melihat replikanya di Lascaux II. Banyak orang menduga bahwa goa tersebut dulunya digunakan sebagai tempat berkumpul untuk kegiatan keagamaan dan berburu di era Paleolitikum.


Prajurit Terra Cotta




Tahun 1974, sekelompok petani asal Tiongkok menemukan satu penemuan terheboh dalam sejarah: ribuan patung prajurit Dinasti Qin. Tujuh orang petani tersebut sedang berusaha menggali sumur di kawasan dekat kota Xian ketika sekop mereka mengenai salah satu kepala prajurit batu itu. Sebanyak 8000 patung ksatria Terra Cotta termasuk patung kuda dan kereta tempur itu dimaksudkan dibangun untuk mengantar Ksatria Qin Shi Huang ke kehidupan selanjutnya. Pasukan terakota (pinyin: bīng mǎ yǒng) atau Tentara terakota adalah kumpulan koleksi dari 8.099 terakota berbentuk tokoh prajurit dan kuda dengan ukuran asli yang terletak di dekat makam dari Kaisar pertama dinasti Qin ,Qin Shi Huang. Tokoh prajurit itu ditemukan pada tahun 1974 di Provinsi Shaanxi oleh para petani lokal. Terakota dibangun tahun 210 SM–209 SM sebagai bentuk seni pemakaman dengan maksud untuk melindungi Kaisar Qin sesudah kematiannya. Pada tahun 1987 Bangunan ini diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Situs ini kemudian dinyatakan sebagai salah satu situs arkeologi penting di Tiongkok.



Perahu Kuno Rembang


Beberapa warga di desa Punjulharjo, Kecamatan Rembang, Jawa Tengah sedang membuat tambak garam. Mereka menggali dengan cara memacul tanah di daerah pesisir tersebut. Lalu, secara tidak sengaja mereka, para penggali tambak garam tersebut menemukan bangkai perahu kuno yang kemudian Lokasi berada sekitar 400 meter dari pantai yang sekarang, yang mungkin dahulunya wilayah situs ini masih merupakan pinggir pantai.  Dari hasil identifikasi, jenis kapal berasal dari sekitar abad ke 7 dan 8 setara dengan pembangunan Candi Borobudur. Ini adalah penemuan kapal kayu yang paling komplit dan bisa jadi yang tertua di Indonesia. Penemuan tersebut terlengkap di Asia Tenggara karena kondisi kapal tersebut pada lambung bawahnya masih utuh, dibanding temuan di sejumlah wilayah lain seperti di Sumatera dan juga di negara lain seperti di Malaysia dan Filipina.


Batu Rosseta


Pada akhir abad ke-18, Napoleon Bonaparte mengutus sejumlah ilmuwan dan ahli sejarah untuk mempelajari sejarah Mesir dan mengumpulkan  benda-benda yang dianggap keramat dari situs tersebut. Batu Rosetta merupakan penemuan arkeologi yang secara tidak terduga muncul begitu saja. Pada pertengahan Juli 1799, ada sebuah laporan yang menyatakan bahwa batu itu tergeletak saja ditanah, ada pula laporan yang menyatakan bahwa batu tersebut ada di dalam dinding yang sangat tua yang diperintahkan oleh kompi pasukan Perancis untuk membersihkan jalan yang akan dipakai untuk memperlebar benteng pertahanan .Batu yang diatasnya tertulis tulisan dari tiga bahasa—Yunani, demotis dan hieroglif ini diduga ilmuwan berasal dari abad ke-2 Sebelum Masehi.



12 komentar:

  1. makasih gan infonya dan semoga bermanfaat

    BalasHapus
  2. ok mantap bos artikelnya dan sangat menarik

    BalasHapus
  3. makasih gan buat infonya dan salam sukses selalu

    BalasHapus
  4. bagus sob artikelnya dan menarik

    BalasHapus
  5. keren mas buat infonya da semoga bermanfaat

    BalasHapus
  6. ok sob infonya dan salam kenal

    BalasHapus
  7. Mau mendapatkan pelayanan yang baik dan ramah???

    Modal Kecil bisa mendapatkan hasil yg luar biasa...

    BalasHapus
  8. Menarik sekali, perlu saya coba ini..
    kebetulan lagi cara tentang hal ini.

    BalasHapus
  9. ok mantap sob buat infonya dan salam kenal

    BalasHapus
  10. bagus bos artikelnya dan menarik

    BalasHapus
  11. makasih gan buat infonya dan semoga bermanfaat

    BalasHapus
  12. keren mas buat infonya dan salam sukses selalu

    BalasHapus

.comment-content a {display: none;}